“Ya Allah, “Jam 12 (Siang) Seperti Jam 10 (Malam), Kabut Asap KARHUTLA Kab.Muaro Jambi

JAMBI, WPcom - Kalimat yang terucap dari seorang warga ketika menemui seorang wartawan WPcom. "Ya Allah,, Jam 12 Siang seperti Jam 10 Malam"..., beliau menceritakan kalau kami disini terus merasakan Asap, kadang kiriman dari daerah lain coba bapak lihat jarang ada warga yang keluar rumah, banyak tinggal didalam rumah dan semua menyalakan lampu (listrik /PLN ) dan mudah -mudahan tidak padam kalau padam lengkaplah penderita warga kami. "Ucap beliau"

Beberapa desa diantara yang terdapat titik api yaitu di Desa Betung, Puding, P. Mentalo Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muaro Jambi dan beberapa petugas tak mampu melakukan pemadaman, kuat dugaan kebakaran lahan terjadi di kawasan areal PT.BEP ( Bara Eka Prima), dan PT.PBP( Pesona Belantara Persada)

Kec.Kumpeh Ilir tidak begitu jauh dan cukup dekat dari Kota Jambi berkisar 45 km dengan jarak tempuh berkendara kurang lebih 1 jam 28 menit, akibat Asap dan lahan yang terbakar, kota Jambi juga mengalami kiriman partikel debu bakaran dan Asap.

Bahkan kemarin malam pukul 19:00wib wartawan WPcom merasakan ketika parkir disalah satu lesehan di kota Jambi pukul.19:00 Wib cup/body mobil yang parkir banyak butir-butir partikel debu berwarna putih dan Asap bekas bakaran.

Hari Jum'at,20/09/2019 semua siswa-siswi sekolah di kota Jambi juga diliburkan hingga hari ini Dinas pendidikan Provinsi Jambi sudah berulang kali melakukan kebijakan untuk meliburkan semua sekolah baik SD, SMP dan SMAN/Swasta.

Saat ditanya ke warga di lokasi dampak Asap "Apakah kebakaran itu terjadi kawasan lahan perusahaan"..? Mereka membenarkan. Kami juga menanyakan apakah perusahaan melakuakan siaga api/ patroli setiap unit-unit Afdeling keliling untuk melakukan ronda api agar ketika ada api kecil langsung dapat di padamkan sebelum api merambat besar, "sebenarnya harus ada"',...yang begitu apa lagi pada saat musim kemarau panjang, kami tidak ada lihat hal seperti itu. "Uncapnya",kepada WPcom.(Liston/jmb)

Penulis:

Baca Juga