Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 02/AP Bantu Warganya Buat Penyamaian Padi

Batu Bara, WPcom - Swasembada pangan menjadi program pembangunan pertanian yang strategis karena memiliki dampak luas. Ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup, mutu bahan pangan yang baik, serta nilai gizi yang tinggi memiliki dampak luas pada perekonomian dan mutu sumber daya manusia.

Beras sebagai bahan pangan utama menjadi target utama pemerintahan untuk dapat mencapai swasembada. Untuk itu, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman telah membuat kebijakan Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) untuk mencapainya.

Hasilnya segera terlihat, swasembada beras tercapai sejak tiga tahun hingga kini meskipun dilanda iklim ekstrim baik El-Nino maupun La-Nina.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Air Putih Serka Kardi Kodim 0208/Asahan bersama kelompok Tani Maju melaksanakan pembuatan dan penyemaian benih Padi jenis ciherang yang terletak bertempat di Dusun lll Desa Tanjung Kubah Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Sabtu (14/09/2019).

"Kegiatan positif ini bertujuan untuk mensukseskan swasembada pangan yang telah dicanangkan pemerintah,"ungkap Serka Kardi.

Dengan bekerjasama dengan Gapoktan, Babinsa berharap petani bisa memberikan penyuluhan dan bimbingan tentang penanaman benih padi di wilayah binaanya demi tercapainya program kedaulatan Swasembada pangan.

Penulis:

Baca Juga