Wakil Walikota Pekanbaru Meresmikan Warung Wakaf Andini

Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Provinsi Riau Hotman Rozali mengatakan kios ritel yang dinamakan warung wakaf Andini mempunyai sejarah kemanusiaan tersendiri. Dalam hal ini, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi sangat mengapresiasikan konsep dari global wakaf yang telah membantu masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhannya.

Pekanbaru - Satu-satunya Warung Wakaf yang menyediakan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga terdapat di kota Pekanbaru.

Bertempat di Jalan Kuantan I Kelurahan Sekip Kecamatan Limapuluh secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi S.Si pada Jum'at (14/02/20) Pagi.

Untuk diketahui peran komunitas Aksi Cepat Tanggap (ACT) salah satu lembaga kemanusiaan yang bergerak di bidang kebencanaan merupakan ide dan pencetus berdirinya warung wakaf ini.

Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Provinsi Riau Hotman Rozali mengatakan kios ritel yang dinamakan warung wakaf Andini mempunyai sejarah kemanusiaan tersendiri.

"Jadi kita sematkan nama Andini, karena kita sangat prihatin ada anak yatim piatu putus sekolah menghidupkan adik-adiknya di kabupaten Pelalawan. Insya allah keuntungannya akan kita wakafkan untuk anak kita Andini," Ujar Hotman.

"Untuk keuntungan di warung ini akan kita berikan sebanyak 70% kepada penerima manfaat dalam hal ini yaitu Andini, selama warung ini masih buka," Tambahnya.

Komunitas ACT di Riau telah berdiri dari tahun 2017 lalu, namun untuk warung wakaf tersebut merupakan pertama sekali yang ada di Sumatera dan kedepannya akan juga hadir di seluruh kabupaten/kota di provinsi Riau.

"Kita punya target untuk warung wakaf di seluruh wilayah Riau yaitu 50 outlet lagi. Mudah-mudahan dengan izin Allah SWT tujuan kita akan tercapai," Ujarnya sembari mengatakan Tagline warung wakaf Andini ini yaitu belanja kita, wakaf kita.

Ada hal yang menarik aturan di warung ini, pada saat masuknya waktu sholat aktifitas jual beli akan di tutup sementara selama 15 menit.

"Selain itu, kita tidak menjual rokok, alat kontrasepsi, dan barang-barang non halal. Tujuannya agar warung ini dalam menjalankan usaha dapat lebih barokah," Tutup Hotman.

Dalam hal ini, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi sangat mengapresiasikan konsep dari global wakaf yang telah membantu masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhannya.

"Dengan adanya warung wakaf Andini ini pemerintah kota Pekanbaru sangat berterimakasih karena telah meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh pergi berbelanja. Dan keuntungan lainnya merupakan ibadah bagi para pembeli, karena kita belanja disini sudah mewakafkan sebagian hartanya bagi yang membutuhkannya," Ujar Ayat.

Menurut ayat juga, pemerintah kota Pekanbaru akan terus membantu untuk menyamakan program-program kedepan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kita juga bisa kedepannya menyingkronkan program usaha rumah pangan madani yang sudah berjalan dengan warung wakaf ini, sehingga apa yang kita cita-citakan membangun kota Pekanbaru menuju kota smart city madani dapat tercapai," Tutup Wakil Walikota Pekanbaru.

Kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim sebanyak kurang lebih 20 orang berupa sembako dan voucher belanja senilai 100 ribu rupiah.

Usai pembukaan secara resmi ditandai dengan pemotongan pita, Wakil Walikota Pekanbaru bersama istri menyempatkan berbelanja di warung wakaf Andini dan diikuti juga oleh para tamu undangan dan masyarakat sekitar. ***(Mirza)

Penulis:

Baca Juga