Wakil Bupati Lebak, Hadiri Prosesi Pernikahan Purna Praja Dharma Astha Brata

Wartapembaruan.com, LEBAK - Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi menghadiri pernikahan Bismi Ciptainy Praja Penikahan yang merupakan Putri Kedua Babay Imrony dab Titiek Yuniaty dengan Aan Amustryatma putra Muhamad Musa dan Witria Herman. Mengingat kedua mempelai merupakan alumni Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN), dilangsungkan Prosesi Pernikahan Purna Praja dalam pernikahan di Hall Latansa Mashiro Rangkasbitung (10/09/2019).

Prosesi tersebut merupakan tradisi korps praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri dalam mengantar sekaligus memberikan penghormatan kepada Purna Praja yang akan melangkah memasuki lembaran kehidupan rumah tangga. Prosesi ini membentuk formasi Bintang Astha Brata yang merupakan simbol bagi seseorang pemimpin berjiwa pamong praja.

“Kami berharap kedua mempelai dapat menjadi pasangan yang bisa saling melengkapi dan menjadi keluarga yang Sakinah, mawahdah dan rohmah” ujar Wabup.

Dalam prosesi tersebut Wakil Bupati, didaulat untuk menyematkan cincin kepada mempelai pria, sementara penyerahan Kain Dharma Wanita oleh Ibu Wakil Bupati, Ani Sumardi kepada mempelai wanita diiringi penghormatan oleh pasukan Prosesi.

Untuk diketahui, Prosesi Pernikahan Purna Praja Dharma Astha Brata sebagai simbol pembekalan bagi purna praja sebagai Abdi Negara dan Abdi masyarakat yang berlaku dengan jiwa Astha Brata. Dijelaskan oleh pembawa acara bahwa Astha Brata merupakan wejangan yang berisikan delapan laku, delapan perbuatan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin berjiwa pamong praja.

Purna Praja dituntut menyelami antara lain watak matahari yang memberikan kehidupan, watak bulan yang menerangi, watak bintang yang menjadi pedoman arah, watak Angin yang senantiasa bergerak, watak Mendung yang berwibawa, watak Api yang memberikan semangat, watak Samudera yang berpandangan luas dan watak Bumi yang memberikan kemakmuran Pungkasnya (abdul)

Penulis:

Baca Juga