Wagub AAL Hadiri Gelar Kesiapan Latgab TNI Dharma Yudha 2019

Surabaya, WPcom - Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. menghadiri Apel gelar pasukan Kesiapan Latihan Gabungan (Latgab) TNI Dharma Yudha Tahun 2019 di Markas Koarmada II Ujung Surabaya, Kamis (5/9).

Pada Apel gelar pasukan Latgab TNI tersebut, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.IP. dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D. mengatakan bahwa latihan gabungan merupakan latihan guna menguji kesiapsiagaan TNI untuk melaksanakan kampanye militer dalam rangka menghadapi kemungkinan kontijensi yang dapat terjadi.

"Artinya hasil evaluasi latihan yang lalu pada setiap angkatan telah ditindaklanjuti. Dengan demikian diharapkan seluruh Alutsista yang dikerahkan dapat menunjukkan kemampuan secara maksimal", kata Panglima TNI.

Tema dari Latgab TNI 2019 adalah Komando Gabungan (Kogab) TNI Melaksanakan Kampanye Militer di Mandala Operasi, Dalam Rangka Menegakkan Kedaulatan dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Tema ini sangat tepat, karena TNI senantiasa dituntut untuk dapat melaksanakan tugas pokoknya dihadapkan pada interoperabilitas yang semakin tinggi".

Interoperabilitas seluruh aspek operasi merupakan sasaran yang ingin dicapai. "Terlebih kita terus memodernisasi Alutsista secara bertahap. Untuk itu kepada seluruh pimpinan, saya tekankan untuk melaksanakan perannya dengan baik seraya mencatat setiap hal yang dapat masukan membangun. Evaluasi harus dilaksanakan secara menyeluruh dan komprehensif bagi kemajuan TNI".

Menurut rencana, puncak Latgab TNI akan dilaksanakan dari tanggal 9 sampai dengan 12 September 2019 di perairan laut Jawa dan pantai Banongan, Situbondo - Jawa Timur. Dan pada puncak latihan tersebut akan dikunjungi serta disaksikan langsung oleh Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo".

"Urgensi dari Latgab TNI 2019 adalah wujub pertanggungjawaban TNI kepada pemerintah, rakyat Indonesia serta merupakan pembinaan dan penggunaan personel maupun Alutsista TNI. Selain itu, dalam rangka menyiapkan dan mengembangkan konsep operasi sebagai upaya mengatasi kendala, keterbatasan dan menjawab permasalahan dalam rangka menghadapi kontijensi secara nyata di lapangan serta yang lebih penting adalah dalam rangka menyesuaikan strategi, taktik dan teknik bertempur dengan Alutsista yang dimiliki TNI, sehingga akan terwujud profesionalisme prajurit TNI dan kesiapsiagaan operasi satuan yang tinggi guna menghadapi berbagai macam ancaman yang mungkin terjadi".

Pada acara tersebut, dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, SH, M.Tr (Han), Dankodiklat TNI Letnan Jenderal TNI Anto Mukti Putranto, S.Sos., Dansesko TNI Marsekal Madya TNI Trisno Hendradi, Irjen TNI diwakilkan Irum TNI Marsekal Pertama TNI Ardhi Tjahjoko, Danjen Akademi TNI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., Asops Kasal Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Pangkolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., Dankodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto, S.H., Gubernur AAL diwakili oleh Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han), Pangdam V/Brw Mayjen TNI Wisnoe Prasetja Boedi, Danpuspenerbal Laksma TNI Edwin, S.H., M.Han., Kadispsial Laksma TNI Drs. Tri Budi Marwanto, M.M., Danlantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono, S.H., Chrmp., Danpasmar 2 Brigjen TNI Mar Ipung Purwadi, M.M. dan sejumlah prajurit TNI serta tamu undangan lainnya.

Sumber : Bagpen AAL

Penulis:

Baca Juga