Upacara Tradisi Pedang Pora Mengantar Langkah Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo MM Menuju Tugas yang Baru

Wartapembaruan.com, Pekanbaru – Upacara Tradisi Farewell dan Welcome Parade pisah sambut jabatan Kapolda Riau dilaksanakan pada Kamis (03/10/19) Pagi di Lapangan Mako Brimob Polda Riau.

Kegiatan dihadiri oleh Pati Baintelkam Mabes Polri Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo MM, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH, SIK, M.Si, Gubernur Riau Syamsuar M.Si, Kajati Riau, perwakilan Danrem 031/WB, perwakilan Danlanud RSN, Danlanal Dumai, Wakapolda Riau, Pejabat Utama Polda Riau, Ketua Bhayangkari Daerah Riau, para Kapolres/Kapolresta di jajaran wilayah Polda Riau, dan para tamu undangan lainnya.

Setelah melakukan pelantikan jabatan Kapolda Riau yang dilaksanakan di Aula Rupatama Mabes Polri pada Senin (30/09/19) lalu yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian maka, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH, SIK, M.Si diamanahkan menjabat Kapolda Riau sementara itu Irjen Pol Drs. Widodo Eko Prihastopo MM dimutasikan ke Pati Baintelkam Mabes Polri.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo MM merasa sangat berterimakasih kepada seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Riau yang selama kurun waktu 13 bulan 9 hari menjabat Kapolda Riau telah saling bekerjasama dan koordinasi dalam hal menegakkan hukum di wilayah bumi lancang kuning.

Baca Juga:  Pemko Medan Melalui Dispar Hadiri Pengukuhan Pengurus Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Sumut Periode 2019-2022

“Kebersamaan yang telah kita jalankan selama ini akan selalu saya ingat terus, walaupun saya tidak bertugas di Propinsi Riau tercinta ini. Kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT semata, karena saya merupakan manusia biasa tentunya banyak kesalahan yang telah saya perbuat. Untuk itu, saya atas nama pribadi maupun keluarga mohon pamit dan minta ma’af kepada seluruh masyarakat Propinsi Riau, semoga hubungan silaturahmi selalu dapat terjaga.” Ujar Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo MM.

Ia pun juga mengatakan kepada seluruh jajaran Polda Riau agar dapat bahu membahu mendukung dan membantu Kapolda Riau dalam melanjutkan program – program yang telah dijalankan dengan baik.

“Untuk dapat mencapai keberhasilan dalam bertugas, maka kepolisian harus mendapatkan dukungan dari masyarakat dan pemerintah melalui sinergitas dan keterpaduan program yang sudah digariskan mulai dari Mabes Polri sampai dengan satuan terdepan di kewilayahan. Dalam rangka akselerasi transformasi Polri, demi terwujudnya postur Polri yang profesional, bermoral, dan modern sebagai pelindung, pengayom, serta pelayanan masyarakat yang terpercaya dalam melindungi masyarakat melalui penegakan hukum yang tepat dan cepat.” Pesannya.

Baca Juga:  Wibisono: Penetapan Lima Pimpinan KPK oleh DPR Tersirat Komitmen Revisi UU KPK

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK M.Si mengajak kepada seluruh stakeholder mari bersama mewujudkan keamanan dalam memelihara ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum sehingga terselenggaranya pelindungan dan pengayoman masyarakat serta terbinanya ketentraman hidup dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

“Maka disinilah Polri sebagai alat negara yang berperan dalam menjaga stabilitas situasi negara yang kondusif, sehingga peran kita sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial melalui pembangunan nasional dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).” Tegas Kapolda Riau.

Mantan Deputi Intelijen Cyber BIN ini juga bertekad akan bisa menjaga dan meningkatkan keberhasilan yang telah dicapai oleh Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo MM selama menjalankan tugas di Propinsi Riau.

“Saya sangat mengharapkan dukungan yang penuh dari Gubernur Riau bersama jajaran forkompimda, masyarakat, dan seluruh personil Polda Riau agar saya nantinya dapat menjalankan tugas amanah ini dengan baik. Tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan tradisi pelepasan Pedang Pora dan pelepasan beberapa ekor burung merpati oleh kedua tokoh Jenderal bintang dua ini. *(Mirza)