TDO? Jiwa Organisatoris,Kritis dan Akademis, Jadi Target IMPAPASBAR Lhokseumawe

Lhokseumawe, Wartapembaruan.com --TDO merupakan salah satu program kerja Ikatan Mahasiswa Pasaman Barat (IMAPASBAR) Kota Lhokseumawe periode 2019-2020 yang telah diadakan pada hari Minggu, 16 November 2019 di RKU Ekonomi Unimal, Bukit Indah Kota Lhokseumawe

TDO merupakan acara yang diangkatkan dengan tujuan memberikan pengetahuan dasar mengenai tata cara dan pentingnya berorganisasi dikalangan mahasiswa Pasaman Barat, khususnya untuk mahasiswa baru. Melalui IMAPASBAR mahasiswa bisa mempersiapkan diri untuk berbaur dengan dunia luar organisasi kedaerahan dengan memiliki integritas dan daya saing yang maksimal.

Tema yang diangkat oleh Ikatan Mahasiswa Pasaman Barat (IMAPASBAR) Kota Lhokseumawe dalam acara TDO ini adalah “Menciptakan Jiwa Organisatoris Yang Komunikatif, Kritis dan Bertanggung Jawab Terhadap Akademisi Serta dapat Berperan Aktif dalam Masyarakat.” Tema tersebut diangkatkan dengan alasan organisasi akan memberikan tantangan yang besar, namun dengan organisasi mahasiswa akan aktif, kritis, kaya akan softskill dan bersosialisasi dengan baik.

Ketua panitia mengatakan bahwa acara TDO pada kali ini dihadiri oleh banyak jurusan di tiga kampus yang berbeda.

"Ketiga kampus tersebut berasal dari Kota Lhokseumawe Aceh Utara, yaitu Universitas Malikussaleh, Politeknik Negeri Lhokseumawe dan IAIN Malikussaleh Lhokseumawe" kata Muhammad Vio Sofyan, Ketua Panitia (16/11)

Acara TDO kali ini dihadiri juga oleh Demisioner Imapasbar yaitu Kakanda Mairiswan, S.AP dan Kakanda Ahmad Rivaldi, S.AP.

“acara TDO ini adalah acara yang sangat bagus untuk terus dilanjutkan pada periode-periode akan datang, karena dengan adanya TDO maka mahasiswa pasaman barat khususnya mahasiswa baru dapat mengenal tentang organisasi.” Ujar Kakanda Mairiswan, S.AP selaku demisioner Imapasbar.

Eri Sandi, selaku ketua umum IMAPASBAR Kota Lhokseumawe periode 2019-2020 juga mengatakan kepada seluruh peserta, khususnya untuk mahasiswa baru agar senantiasa mendengarkan materi tentang keorganisasian.

Karena menurut “Eri Sandi” organisasi sangatlah penting untuk diikuti guna mengubah cara berfikir mahasiswa tersebut. Sebab organisasi adalah salah satu sekolah yang gratis agar bisa mengasah kemampuan softskill dari setiap anggota.

Acara TDO ini dipandu oleh Abangda “Rizki Agustiawan” selaku Moderator dan Wakil Ketua Umum Imapasbar Kota Lhokseumawe. Acara utama dalam rangkaian acara TDO ini adalah penyampaian materi tentang organisasi oleh 3 pemateri, yaitu Bapak Romi Afrizanur, SE yang merupakan mantan Gubernur BEM FEB Universitas Malikussaleh dan juga seorang Pengusaha Muda asal Aceh,
kemudian Pemateri yang kedua yaitu Kakanda Arwan Syahputra yang merupakan Aktivis Muda dari Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, dan pemateri yang terakhir adalah Kakanda Moulizar yang merupakan Gubernur BEM FEB Universitas Malikussaleh saat ini.

Materi yang disampaikan oleh ketiga pemateri menyangkut pengertian, tujuan, prinsip organisasi dan tujuan organisasi bagi mahasiswa. Organisasi merupakan wadah berkumpulnya mahasiswa untuk mencapai tujuan bersama. Dalam berorganisasi segala kebijakan yang diambil ditempuh melalui musyawarah untuk kepentingan organisasi. Mahasiswa merupakan agen dalam masyarakat yaitu: “Agent of Change”, “Agent of Social Controll”, dan “Iron Stock”. Melalui organisasi mahasiswa bias mewujudkan perannya sebagai ketiga agen tersebut dan tridarma perguruan tinggi.

(AR)

Penulis:

Baca Juga