Oleh: Timboel Siregar (Koordinator Advokasi BPJS Watch)

SP BPJAMSOSTEK menjadi Mitra Strategis Untuk Kesejahteraan Pekerja

Jakarta, Wartapembaruan.com - Kehadiran Serikat Pekerja (SP) di tempat kerja merupakan sebuah kesadaran alamiah dari para pekerja untuk mendukung kesejahteraan dan kemajuan perusahaan. Tentunya untuk mencapai kesejahteraan dan kelangsungan usaha tersebut sangat diperlukan upaya bersama antara pekerja dan manajemen.

Bila dalam proses awal pertumbuhan sebuah SP di tempat kerja didahului oleh pengenalan dan komunikasi antara SP dan Manajemen, tentunya seluruh SP berharap ke depannya akan bisa menjadi mitra produktif bagi manajemen sehingga SP dan manajemen akan saling bahu membahu mencapai kesejahteraa dan produktivitas untuk kelangsungan usaha.

Menjadi mitra produktif dengan menghadirkan trust di antara SP dan Manajemen merupakan proses pertumbuhan yang telah dicapai oleh Serikat Pekerja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (SP BPJamsostek).

Tidak hanya menjadi mitra dalam membangun hubungan industrial yang harmonis dan berkeadilan di tempat kerja, SP BPJamsostek sudah melangkah lebih dari hal tersebut, yaitu dengan terus berusaha menjadi institusi yang juga mendukung kemajuan BPJamsostek. Tentunya tantangan BPJamsostek ke depan akan semakin besar, sebagai konsekuensi logis amanat UU SJSN yang memang memposisikan kehadiran BPJamsostek untuk mendukung kesejahteraan rakyat, khususnya para pekerja Indonesia.

Tiga tantangan BPJamsostek yaitu kepesertaan, pelayanan dan investasi tentunya juga menjadi dukungan SP BPJamsostek kepada Manajemen untuk mencapai cakupan semesta untuk ketiga hal tersebut yaitu seluruh pekerja (formal, informal, pekerja migran, serta pekerja konstruksi) menjadi peserta lima program yang dikelola BPJamsostek; pelayanan yang berorientasi kesejahteraan dengan dukungan manfaat layanan tambahan berupa perumahahan, pendidikan dan pelatihan, kebutuhan pokok pekerja; dan juga dukungan untuk pengusaha, serta investasi yang lebih produktif akan menghasilkan imbal hasil yang besar untuk mendukung pemberian manfaat untuk seluruh pekerja.

Saat ini sedang ada prosesi pemilihan Direksi BPJamsostek baru, tentunya menjadi mitra produktif yang kritis-obyektif akan menjadi sistem yang memandu SP BPJamsostek untuk terus membangun hubungan industrial yang harmonis dengan Direksi terpilih nantinya.

Siapa pun Direksi yang terpilih nantinya, akan membangun hubungan industrial yang harmonis dengan sistem yang selama ini sudah terbangun, seperti yang dilakukan Direksi saat ini kepada SP BPJamsostek.

Kemitraan yang produktif-kritis-obyektif  ini pun terbangun dengan Dewan Pengawas (Dewas) BPJamsostek sehingga kedua organ BPJamsostek akan terbantu oleh peran SP BPJamsostek.

Untuk memastikan peran yang akan dilaksanakan ke depan, Rapat Kerja Nasional SP BPJamsostek yang berlangsung tanggal 22 dan 23 Oktober 2020 kemarin menjadi forum strategis untuk memformat program-program kerja ke depan, sehingga SP BPJamsostek tetap menjadi mitra yang tidak hanya mendukung hadirnya hubungan industrial yang harmonis dan berkeadilan di tempat kerja tetapi juga mendukung seluruh program kerja Direksi dan Dewas ke depan yaitu untuk menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh pekerja Indonesia.

Selamat bekerja SP BPJAMSOTEK (Azwar).

Penulis: Azwar

Baca Juga