Senangnya Warga Cisaat dan Ciparung, TMMD Bangun Jalur Alternatif

“Kegiatan TMMD adalah salah satu upaya percepatan proses pembangunan di pedesaan. Cara ini lebih efektif dan efisien karena pengerjaanya dilakukan oleh TNI bersama masyarakat yang tidak mempertimbangan nilai profit,” jelasnya."Semoga jalan ini cepat selesai dibangun oleh bapak-bapak TNI, sehingga bisa dimanfaat segera oleh masyarakat," harap Idang.

Purwakarta, WPcom - Lewat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106, Kodim 0619/Purwakarta, membangun jalan desa yang bisa dijadikan jalur alternatif warga jika jalur utama mengalami kemacetan.

“Jalan TMMD yang menghubungkan Desa Cisaaat dengan Desa Ciparung itu, juga nantinya bisa membantu warga dua desa untuk mengangkut hasil panen maupun pelajar yang berangkat ke sekolah,” ujar Dandim Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho, Senin (30/9/2019).

Dikatakan Dandim 0619/Pwk, pengerjaan jalan ini dikerjakan prajuritnya bersama masyarakat ditujukan untuk mempercepat akses lalu lintas dan mendongkrak perekonomian warga, yang selama ini hanya jalan tanah yang di saat musim penghujan licin dan jeblok sehingga sulit dilalui kendaraan.

“Kegiatan TMMD adalah salah satu upaya percepatan proses pembangunan di pedesaan. Cara ini lebih efektif dan efisien karena pengerjaanya dilakukan oleh TNI bersama masyarakat yang tidak mempertimbangan nilai profit,” jelasnya.

“Ke depan, tinggal masyarakat berupaya memelihara hasil pembangunan yang sudah dikerjakan. Dengan pengerjaan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, diharapkan masyarakat akan lebih merasa memiliki sehingga bisa terus memelihara,” jelas Yogi.

Sementara itu, Idang, warga Kampung Cisaat, mengungkapkan rasa gembiranya bahwa TMMD 106 ini bisa menyasar sampai wilayahnya.

“Ini betul-betul membantu kami, jalan ini akan memudahkan akses warga melakukan aktivitasnya sehari-hari,” urainya.

"Jika jalan utama macet, kan ada jalan yang sebentar lagi dibangun melalui TMMD, dan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," kata bapak tiga orang anak ini.

Selama ini, ujar Idang, jalan penghubung desa tersebut susah dilalui kendaraan, apalagi di saat musim hujan membuat jalan menjadi licin dan membahayakan bagi pengguna jalan.

"Semoga jalan ini cepat selesai dibangun oleh bapak-bapak TNI, sehingga bisa dimanfaat segera oleh masyarakat," harap Idang.

Seperti diketahui, di tahun 2019 ini Desa Cisaat, Kecamatan Campaka, Purwakarta menjadi lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 Kodim 0619/Purwakarta.

TMMD merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

Penulis:

Baca Juga