oleh

Misterius! Pembongkaran Bagian Kepala 27 Makam di Tasikmalaya

-Daerah-29 views

Tasikmalaya, Wartapembaruan.com – Warga dibuat geger oleh kondisi 27 makam yang diduga sengaja dibongkar di TPU Pakemitan, Desa Pakemitan, Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Makam itu tidak dibongkar seluruhnya, terlihat tanah bagian tempat kepala jenazah disemayamkan yang melompong akibat penggalian.

“Ada dua puluh tujuh makam yang digali. Tapi nggak semua (digali total), hanya bagian pas kepala jenazah saja, itu pun nggak dalam,” kata Sekretaris Desa Pakemitan M. Isak melalui sambungan telepon, Jumat (8/11/2019)

Baca Juga:  HMI Cabang Padang Bagikan Masker Untuk Masyarakat Koto Padang dan Penggalangan Dana Untuk Korban Asap di Provinsi Riau

Ia menjelaskan nisan pada 27 makam itu tidak rusak. Cuma tanah saja yang digali hingga menutup nisan berbahan batu dan marmer. Kedalamanya galian diperkirakan 20-50 sentimeter.

Polisi mengecek 27 makam yang diduga sengaja dibongkar. (Foto: ist)

Khawatir tanah galian makam ini semakin dalam dan melebar, pihak masing-masing keluarga jenazah menutupnya kembali. Proses penutup makam tersebut dibantu warga setempat.

“Tadi warga sudah turun ke lokasi. Mereka tutupi lagi makam yang digali agar tidak semakin dalam,” ucap Isak.

Baca Juga:  Syahrul Aidi: Pemerintah Pusat dari Dulu Tak Adil ke Riau

Belum diketahui ada atau tidaknya bagian jenazah yang hilang dan dibawa orang misterius pembongkar makam. Personel Polsek Cikatomas sudah turun ke lokasi untuk penyelidikan.

“Kita masih cek informasinya kekepolisian Sektor Cikatomas, mohon waktu ya,” ucap Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra singkat.

Warga berencana ronda malam di sekitar area makam tersebut dan mencari pelaku bongkar makam.