Mahasiswi KKN Kel. 92 UNIMAL Sosialisasikan Perbankan Syariah Guna Menghindari Aktivitas Riba

Aceh utara, WPcom –  Desa Meunye Cut Bahagia di Kecamatan Kuta Makmur adalah kawasan atau daerah yang kaya akan hasil kebunnya. Daerah ini memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Kebun durian dan jengkol menambah daftar hasil kekayaan daerah MC Bahagia ini.

Hasil yang melimpah ini merupakan aset kekayaan milik warga, namun dikarenakan daerah ini jauh dari jangkauan pemerintah sehingga banyak lembaga-lembaga yang berbasis membangun perekonomian sulit di temukan, Khususnya perbankan sehingga warga tidak tahu mau dibawa kemana aset atau harta yang mereka miliki sehingga banyak warga masih menggunakan cara tradisional seperti menyimpan uang nya dibawah bantal dan kasur atau menghabiskan nya untuk hal yang tidak di perlukan.

Perbankan ialah lembaga keuangan yang menyalurkan dana serta menghimpun dana dari masyarakat. Namun saat ini perbankan banyak sekali yang menggunakan sistem riba di setiap produk yang mereka tawarkan. Terutama bank konvensional yang memiliki tingkat suku bunga yang tinggi dan bisa naik saat terjadi inflasi.

Baca Juga:  Finalis KDMI 8 Besar, Unimal Representasi Dari Pulau Sumatera

Bank konvensional menggunakan sistem kapital yaitu yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin. Beda hal nya dengan bank syariah yang menggunakan prinsip Islamiah berdasarkan Al-quran dan hadits serta Fatwa Ulama dan dewan syariah nasional (DSN) yang tujuan nya untuk mencapai fallah dan maslahat untuk nasabah nya.

Mahasiswi KKN kelompok 92 yang bernama Leli Rahmadani dibawah pengawasan dosen pembimbing lapangan bapak Yuli Asbar, SE., M.Sc melakukan sosialisasi bersama warga MC bahagia di meunasah, penulis mengajak warga untuk mulai menabung dan berinvestasi di perbankan syariah juga memberi pengarahan mengenai produk yang paling di butuhkan untuk warga MC bahagia agar aset atau harta kekayaan warga aman dan terjamin dan terhindar dari aktivitas riba.

Penulis juga memberitahu alasan betapa diperlukannya perbankan syariah ini seperti :

Baca Juga:  Tak Kenal Letih Mengabdi, KKN Kel. 92 Unimal Jalankan 5 Program Sehari

1. Akad nya yang bebasis syariah, mulai dari objek, barang, pelaku juga keuntungan nya harus jelas tidak boleh ada samar-samar atau tidak transfaran mengenai info yang diperlukan.

2. investasi hanya kepada usaha yang halal dan baik. Contoh nya usaha yang tidak di izinkan meskipun keuntungan yang di peroleh tinggi seperti usaha minuman keras memiliki profit tinggi, namun tetap saja usaha minuman keras itu di haramkan dalam islam.

3. aman dan terjamin. Perbankan syariah menjamin juga menjaga aset milik nasabah nya agar tidak terdapat aktivitas riba di dalam nya.

Begitulah sosialisasi yang di lakukan penulis bersama warga MC bahagia dengan lancar. Penulis menyadari bahwa dalam sosialisasi dan juga penulisan ini masih terdapat kesalahan dan kelemahan sehingga penulis menerima masukan dan saran dari pembaca.

Penulis  : Leli Rahmadani