Koramil 11/Parapat Bersama Manggala Agni Patroli Karhutla

Simalungun, WPcom - Koramil 11/Parapat jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu Feri Gultom melaksanakan patroli karhutla bersama tim Manggala Agni di Aek Nauli Desa Sibaganding Kecamatan Girsangsipangan Bolon. Kamis (26/09/2019).

Patroli ini dilaksanakan oleh Babinsa secara bergantian dengan fokus sasaran adalah wilayah rawan Karhutla. "Setiap Babinsa kita intruksikan untuk berpatroli rutin secara bergantian di wilayah desa binaan masing-masing. Ini dilakukan untuk antisipasi terjadinya Karhutla," kata Sertu Feri Gultom

Selain patroli rutin Babinsa juga melakukan sosialisasi tentang bahaya dan sanksi bagi para pelaku Karhutla. "Bahayanya sudah jelas, membuka lahan dengan cara dibakar akan menimbulkan kabut asap yang berdampak pada ISPA. Kalau sanksinya adalah denda miliaran rupiah dan penjara," kata Serda Feri Gultom ini sambil mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Patroli karhutla ini merupakan agenda rutin kita setiap masuk musim kemarau apalagi sekarang dimana mana telah terjadi kebakaran oleh karena itu kami dan tim Manggala Agni Siantar . Tujuannya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di daerah parapat,"

Di sela-sela patroli, F Gultom bersama tim melakukan sosialisasi Karhutla kepada warga yang dijumpai selama patroli. "Saat ketemu warga yang berkebun langsung kita hampiri. Kita ingatkan dan sarankan agar tidak membersihkan kebun dengan cara dibakar. Alhamdulillah, warga mau mendengarkan saran kita," Ujar Babinsa.

Penulis:

Baca Juga