Koramil 10/SK Sertu Hendra Yusuf Nst Hadiri Lomba Posyandu Tingkat Kecamatan

Asahan, WPcom - Babinsa Koramil 10/Sei Kepayang Kodim 0208/Asahan Sertu Hendra Yusuf Nst menghadiri penilaian posyandu terbaik dari tim pemda Asahan di desa Sei Pasir Kecamatan Sei Kepayang Timur. Jumat (06/09/2019).

Kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kecamatan Sei Kepayang Kab.Asahan ini bertujuan untuk memberikan materi Pokja 4 PKK. Beliau menjelaskan butir-butir desa siaga dan posyandu model. Beliau juga meminta setiap dusun untuk membuat BKB (Bina Keluarga Balita) dan memaksimalkan fungsi Ketua RT terutama di Desa Sei Pasir juga berharap Posyandu Desa Sei pasir untuk selalu meningkatkan perhatian kepada rakyat kurang mampu.

Dalam penilaiannya, tim juri akan melakukan penilaian yang meliputi lima indikator, yakni yang pertama adalah Administrasi Posyandu yang terdiri dari kelembagaan Posyandu, pengelolaan Posyandu, data kelengkapan administrasi, sarana peralatan dan administrasi, lalu yang kedua adalah Hari Buka Posyandu dan Kemampuan Kader yang meliputi mulai pendaftaran, penimbangan, pencatatan, penyuluhan serta kegiatan tambahan penunjang kesehatan.

Untuk indikator yang ketiga adalah Peran Serta Masyarakat Terhadap Hasil Kegiatan Posyandu dan Peran Tim Pokjanal Posyandu yang meliputi opini masyarakat tentang Posyandu yang bersangkutan, pembiayaan Posyandu, sumber daya dan sumber dana, pendataan hasil kegiatan, pendataan bayi, Balita dan Bumil di Posyandu, keberadaan Pokjanal Posyandu di tingkat kecamatan, dan kontribusi serta pembinaan yang telah dilakukan oleh Pokjanal. Indikator keempat adalah Program Inovasi dan Pelayanan Posyandu, yang meliputi penilaian kehadiran tim Pokjanal Posyandu, penilaian inovasi Posyandu, penilaian program-program Posyandu, penilaian peran serta instansi terkait seperti Puskesmas, Petugas Lapangan Keluarga Berencana, dan inovasi Posyandu pada saat kunjungan penilaian.

Sedangkan indikator penilaian terakhir yakni Pembinaan Posyandu, seperti pembentukan Pembina, susunan dan peran Pembina Posyandu, serta kegiatan pembinaan. Selain itu juga adanya lomba ini bertujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan Balita di Posyandu, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan kader Posyandu, juga meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat akan pentingnya Posyandu dalam peningkatan gizi dan kesehatan. “Diharapkan, nantinya apabila Posyandu ini keluar sebagai juara akan menularkan ilmunya kepada Posyandu lain, sehingga kemampuan kader Posyandu di Kab. Asahan akan merata,” ujar Sertu Hendra Yusuf Nst.

Penulis:

Baca Juga