Kodim 1503 Tual Gelar Komunikasi Sosial Cegah Radikalisme

Kepulauan Aru, Wartapembaruan.com -Untuk menangkal Radikalisme di Kabupaten Kepulauan Aru, Kodim 1503 Tual menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Aparat Pemerintah Daerah Kepulauan Aru, bertempat di gedung Kesenian Sitakena, Rabu (20/11/2019). Kegiatan ini juga dalam rangka Binter Terpadu.

Dandim 1503 Tual Letkol Arh Yoyo Karyo, S.IP,.M.Tr (Han)
menyampaikan acara Komsos ini sebagai ajang silaturahmi antara TNI dengan elemen masyarakat, serta memberikan wawasan kebangsaan. Sehingga dapat memberikan pemahaman tentang paham radikalisme atau separatisme di wilayah Kepulauan Aru dapat ditangkal dan dideteksi lebih awal supaya paham radikal tidak meluas di masyarakat.

Menurutnya, Komsos ini merupakan salah satu cara untuk memelihara sinergitas guna membangun masyarakat Indonesia yang berkarakter dengan berlandaskan wawasan kebangsaan dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan Bangsa.

Dandim juga berharap dengan Komsos ini akan terjalain silaturahmi yang baik dan selalu bersinergi dengan semua unsur di wilayah Kabupaten Kepulauan Aru. "Semoga Komsos yang kita laksanakan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua," ujarnya.

Sementara Bupati Kepulauan Aru, dr Johan Gonga mengatakan bahwa Kegiatan Binter Terpadu ini bertujuan untuk memberdayakan wilayah Pertahanan dan mempererat hubungan komunikasi sosial masyarakat dalam menjaga kemanunggalan TNI dan Rakyat serta penguatan motifasi kesadaran bela negara pada generasi muda atau sekolah dan masyarakat.

"Dalam kegiatan Binter selama ini, telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya masyarakat pedesaan yang ada diwilayah Kodim 1503 Tual. Untuk itu, saya berharap kegiatan yang dilaksanakan saat ini juga betul-betul dapat menyentuh perbaikan kehidupan masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauam aru," ungkap Bupati Gonga.

Atas nama Pemerintah Daerah, Bupati Aru mengucapkan terima kasih banyak  kepada TNI khususnya Kodim 1503 Tual dan seluruh pihak atas sumbangsihnya.

"Karena tujuan dari kegiatan ini dapat terwujud berkat adanya kerja keras yang ditunjang oleh keterpaduan dan kebersamaan yang semakin akrab serta menguatkan kemangunggalan TNI dengan rakyat khususnya di Bumi Jargaria yang kita cintai ini," sambung Bupati Aru.

Selain itu, Danlanal Aru Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr (Hanla) juga dalam arahannya menjelaskan bahwa Kita akan menghadapi Pilkada yang juga sebagai agenda nasional atau agenda yang paling krusial yang menjadi critical point.

"Maka dari itu harapan kami mari kita selenggarakan kegiatan pesta demokrasi pilkada dengan kondusif aman terkendali tidak perlu adanya gesekan antar masyarakat atau antar pendukung. Mari kita cari pemimpin yang terbaik dari yang baik dengan tidak adanya permasalahan," ajak Silaban.

Selaku TNI AL, Danlanal mengaku siap Membek Up Kepolisian bila mana dibutuhkan demi kelancaran dan keamanan bumi Jargaria ini," katanya.

Turut Hadir dalam Kegiatan, Wakil Bupati Kepulauan Aru Muin Sogalrey, SE, Kajari Kepulauan Aru Andi Panca Sakti, SH,. MH, Wakapolres Kepulauan Aru Kompol Asmar Sena, SH,.MH, Kepala Rutan Cabang Dobo D. Lekatompessy, S. Pi, Danramil 1503-03/Dobo Kapten Inf Dody Masaoy, Kapolsek pulau2 Aru Iptu S. Buamona, Para Pimpinan OPD Aru, Para Staf Ahli Bupati Kepulauan Aru, Para Camat Se Kabupaten Kepulauan Aru, Para Kepala Desa Kabupaten Kepulauan Aru dan Para Tokoh Agama, Tokoh Adat Kabupaten Kepulauan Aru.Kontributor (Stefen Malihu)

Penulis:

Baca Juga