Kanit Reskrim Polsek Pademangan, Narkoba Bisa Menghancurkan Negara

Wartapembaruan.com, Jakarta - Kanit Reskrim Polsek Pademangan, AKP Muhammad Fajar SIK, memberikan kuliah umum tentang bahaya dan perdaran gelap narkotika kepada ratusan mahasiswa Universitas Bunda Mulya (UBM) pada Jumat (15-11-2019).

Pada kesempatan itu, selain memperkenalkan jenis narkotika dan psikotropika, AKP Muhammad Fajar juga memaparkan tentang faktor penyebab serta dampak dan efek dari menyalagunakan narkotika tersebut.

Selain soal jenis dan efek narkoba ia juga mengingatkan mahasiswa agar selalu mewaspadai pola-pola peredaran gelap narekotika saat ini, sebab berbagai modus kini yang pelaku gunakan untuk mengedarkan narkotika tersebut.

"Contoh paket ganja yang di sembunyikan di lantai palsu bak mobil truk. Kemudian ada lagi melalui paket buku berisi narkotika. Ini kita harua berhati-hati apabila dititipin barang yang kita tidak ketahui," imbuhnya.

Selain itu kata dia, ada lagi modus heroin yang di sisipkan dalam lapisan tas. Kemudian heroin di tempel dalam badan, atau ditelan melalui mulut dan di bungkus plastik. Bahkan modus paket shabu yang dikemas dalam paket batu nisan juga ada

Lanjut Fajar menjelaskan, peredaran narkoba saat saat ini sudah sangat pada tingakat berbahaya, bahkan berdasarakan dari studi komporatif, kata dia narkoba kini dapat di jadikan sarana untuk menghancurkan satu negara. Dan narkoba dapat dijadikan sebagai sarana perang asimetris.

Oleh karena itu kata Fajar, perang besar terhadap narkoba telah didengungkan pemerintah dan perintah langsung dari Presiden. Dengan demikian, Fajar pun mengajak mahasiswa agar turut serta dengan bersama -sama memberantas peredaran gelap narkoba tersebut.

"UUD narkotika apabila teman kita memakai narkoba dan tidak melaporkan maka mereka pun yang melihat bisa di jerat oleh pasal Pidana, yaitu pembiaran," pungkas Kanit Reskrim Polsek Pademangan.

Untuk dikedtahui, dalam kuliah umum itu, Kapolsek Pademangam Kompol Joko Handono juga memberikan kuliah umum tentang kamtibmas, begitu juga Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara tentang soal aturan tata tertib berlalu lintas di jalan raya dan soal tilang elektronik.

Penulis:

Baca Juga