KAI Menyelenggarakan PKPA Dan UKDPA Untuk Alumni AKPOL ’87

Wartapembaruan.com -- Jakarta -- Dewan Pimpinan Pusat Kongres Advokat Indonesia (DPP KAI) bekerjasama dengan Universitas Sahid dan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) baru saja menggelar Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) sejak hari Jum’at, tanggal 15 November 2019 sampai dengan hari Senin, tanggal 18 November 2019 dan dilanjutkan dengan Ujian Kompetensi Dasar Profesi Advokat (UKDPA) pada hari ini, Selasa, tanggal 19 November 2019.

Acara PKPA dibuka oleh Wakil Presiden KAI Bidang Pembelaan Anggota, Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia, Adv. Aldwin Rahadian M., S.H., MAP, CIL, yang didampingi oleh Wakil Presiden KAI Bidang Keuangan dan Usaha, Adv. K.R.T. Henry Indraguna, S.H., CLA., CIL., sedangkan dari Universitas Sahid, turut hadir Rektor USAHID, Prof. Dr. Ir. Kholil, M. Kom., Dekan Fakultas Hukum: Liza Marina, S.H., M.H., Dr. Lenny Nadriana, S.H., M.H., dan dari STIK yang ikut hadir adalah Ka Prodi S3 : KBP Dr. Hadi Purnomo, S.H. (sekaligus sebagai peserta), Ketua Alumni AKPOL Angkatan ’87: Ir. Jen. Pol. (Purn.) Drs. A. Kamal Razak, S.H., M.H. (sekaligus sebagai peserta).

Adapun peserta yang ikut PKPA dan UKDP KAI ini berjumlah 35 peserta yang terdiri dari 33 peserta Alumni AKPOL Angkatan ’87 dan 2 peserta dari Universitas SAHID. Alumni AKPOL ’87 adalah satu angkatan dengan mantan KAPOLRI, Bapak Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D, yang saat ini menjabat Menteri Dalam Negeri RI.
Acara PKPA langsung ditutup secara resmi oleh Presiden KAI, Adv. H. Tjoetjoe S. Hernanto, S.H., M.H., CLA, CIL, CLI, CRA didampingi Sekretaris Umum, Adv. Ibrahim Masidenreng, S.H., CIL, Bendahara Umum Adv. Yaqutina Kusumawardhani, S.H., CIL, Kepala Bidang Pendidikan Lanjutan Adv. Poernomo A. Soelistyo, S.H., MBA, dan Direktur Humas, Adv. M. Junaedi, A.Md., S.H., CIL. serta beberapa staf DPP KAI lainnya.

Sebelah kiri Adv. M. Junaedi Direktur Humas KAI dan sebelah kanan Irjen Pol. (Purn.) A. Kamil Razak (Ketua Alumni AKPOL '87)

Dalam sambutan penutupnya, Ketua Alumni AKPOL ’87, Ir. Jen. Pol. (Purn.) Drs. A. Kamil Razak, S.H., M.H. mengatakan : “Kita semua telah mengikuti PKPA ini selama 4 hari, padahal harusnya ditempuh dalam waktu 2 minggu. Maka dengan segala materi yang telah diberikan dalam waktu yang singkat ini, kita dapat menyerap semua materi yang telah kita terima dan tinggal kita kembangkan sendiri. Kita harus rajin menggali ilmu dan jangan hanya berhenti pada saat PKPA saja. Disamping itu, kita akan menghadapi praktek riil di lapangan seperti tindak pidana yang menggunakan teknologi canggih, oleh karenanya kita harus lebih maju dan bersiap diri untuk menghadapi semua tantangan ini.”

Kemudian Kamil Razak melanjutkan pesannya : “Saat ini, marilah kita pelan-pelan merubah mindset yang dulu kita biasa dilayani oleh staf, sekarang kita akan berstatus melayani dan jangan kaget, saat nanti kita tidak akan dilayani oleh mantan staf-staf kita." ujarnya.

Kamil juga memberikan saran kepada KAI terkait ke depan untuk menambah materi PKPA yakni Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan Hukum Acaranya. Kamil juga berharap semoga kerjasama antara KAI dan Alumni AKPOL Angkatan ’87 ini tetap terjalin dalam berbagai bentuk kegiatan.

Sementara dalam acara sambutan penutupan PKPAnya, Presiden KAI Adv. H. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, S.H., MH., CLA, CIL, CLI, CRA mengatakan bahwa KAI adalah Organisasi Advokat yang keberadaannya sah berdasarkan Undang-undang No. 18 Tahun 2003 Tentang Advokat Jo. Putusan MK No. 101/PUU-VII/2009 Jo. Putusan MK No. 36/PUU-XIII/2015 Jo. SKMA No. 73/KMS/HK.01/IX/2015, serta telah mendapatkan pengesahan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No.: AHU-00272.60.10 Tahun 2014 tanggal 30 Juni 2014.

KAI adalah Organisasi Advokat yang didirikan melalui Kongres Nasional pada tgl 30 Mei 2008, diprakarsai oleh (Alm.) YM Adv. Prof. Dr. Adnan Buyung Nasution (Bang Buyung) dan kawan kawan dan untuk pertama kali terpilih secara aklamasi (Alm.) Adv. H. Indra Sahnun Lubis, sebagai Presiden KAI masa bakti 2008-2013.

KAI adalah Organisasi Advokat pertama dan satu-satunya yang didirikan serta secara langsung dihadiri oleh lebih dari 3000 Advokat dari seluruh Indonesia, yang bertempat di Balai Sudirman Jakarta.

KAI adalah Organisasi Advokat pertama dan satu-satunya yang telah memiliki Standar Profesi Bidang Advokat terhitung sejak tanggal 14 Maret 2016 yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI., serta telah memperoleh Lisensi Sertifikasi Profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) terhitung sejak tanggal 24 Mei 2016 dan saat ini Advokat KAI yang telah tersertifikasi berjumlah 620 advokat. Presiden TSH juga menyampaikan bahwa KAI adalah pelopor pertama penggunaan system administrasi digital dalam Organisasi Advokat di Indonesia.

Presiden TSH juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak Universitas Sahid dan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian yang telah mendukung terselenggaranya PKPA dan UKDPA ini.
Presiden TSH juga berterima kasih kepada para peserta yang sebagian besar dari Alumni AKPOL Angkatan ’87 yang telah memilih KAI sebagai Organisasi Advokat tempat bernaungnya. (fri)

Penulis:

Baca Juga