Ini Prioritas Sasaran Polisi Saat Menggelar Operasi Zebra Jaya 2020

Wartapembaruan.com, Jakarta - Dalam rangka untuk menertibkan para pengedara di Jalan Raya, Jajaran Kepolisian Seluruh Indonesia dengan serentak mulai hari ini hingga 8 November 2020 akan menggelar Operasi Zebra Jaya 2020.

Tak terkecuali dengan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara. Puluhan personel gabungan dikerahkan dalam Operasi Zebra Jaya ini.

Sebelum menggelar operasi di sejumlah titik lokasi, para personel gabungan Polres Metro Jakut, Dishub, Pomal, Provost, Sabhara, Intel, Reskrim dan Humas terlebih dahulu menggelar apel di Lapangan apel Mapolres Metro Jakarta Utara, pada Senin (26-10-2020).

Wakasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara, Kompol Sunardi yang memimpin apel tersebut mengungkapkan, sedikitnya ada lima prioritas pelanggaran yang akan menjadi sasaran petugas saat melakukan operasi zebra Jaya tersebut.

"Prioritas itu adalah pengendara melawan arus, pengendara tidak memakai helm, pelanggaran terhadap stop line, pelanggaran sirene dan rotator, pengendara melintas di bahu jalan, khususnya jalan tol," ujarnya.

Kendatipun demikian lanjut Kompol Sunardi, dalam operasi ini pihaknya lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif ketimbang melakukan tilang.

Dimana pihak kepolisian akan lebih fokus memberikan sosialisasi dan pendidikan soal lalu lintas kepada masyarakat. Sedangkan untuk sanksi hukum akan diberikan untuk pelanggaran yang sifatnya membahayakan pengguna kendaraan.

Penulis:

Baca Juga