Gejayan II Memanggil, Demo Keren Berbudaya

Yogyakarta, WPcom - Banyak orang berasumsi bahwa aksi demonstrasi akan selalu berakhir dengan tindakan anarkhis antara polisi dan pendemo seperti halnya yang terjadi di depan Gedung DPR RI Jakarta, Siapa bilang Demonstrasi selalu berakhir ricuh, anarkhis dan banyak korban berjatuhan?, tidak demikian dengan aksi demo yang terjadi di Yogyakarta, demo berlangsung damai dan khidmat.

Pagi tadi wa saya berbunyi nada tertentu yang menandakan ada pesan japri yang masuk. Hp saya buka dan ternyata pesan masuk dari mas Kombes Pol Yulianto, Kabid Humas Polda DIY. Beliau mengirimkan video demo di Gejayan.

https://youtu.be/AIaon9VvJ7Y

Video MPcom ini membuktikan bahwa ada Demo yang dilaksanakan dengan sejuk, damai, penuh canda tawa dan ditutup bersalaman antara peserta demo dengan petugas yang mengawal Demo.
Demo Gajayan I berjalan dengan damai dan Demo Gejayan II juga berlangsung sejuk.

Tidak terlihat deretan baracuda watercanon, pasukan 'robocop' berwarna hitam, dan kepulan asap gas air mata yang memenuhi atmosfir. Tidak terlihat ketegangan, kata-kata kasar dan makian, batu yang beterbangan maupun massa yang terpecah berlarian ke berbagai penjuru karena kejaran petugas yang beringas dengan pentungan. Tidak juga terdengar teriakan perintah komandan lewat speaker yang memerintahkan pasukan untuk ini itu.

Gejayan II berlangsung sejuk, damai, penuh tawa dan canda dari kedua pihak.

Selamat Jogjakarta, kalian memang keren dan terbukti berbudaya.

(Kiantat/Jmb)

Penulis:

Baca Juga