Dukung Upsus, Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Bantu Petani Basmi Hama Keong

Asahan | Babinsa koramil 13/Buntu Pane Kodim 0208/Asahan Sertu Susastra melaksanakan pendampingan hanpangan mencari Hama Keong di sawah bapak Hendrik , Poktan Bunut dengan Ketua Poktan Tunut, Luas sawah 6 rante dengan Umur padi 35 hari Di desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, Kamis (21/11/2019).

Para petani memerlukan cara yang tepat untuk mengatasi dan memberantas hama yang satu ini, seperti yang dijelaskan Sertu Susastra di hadapan petani, bahwa hama keong mas dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah tanpa biaya. "Namun juga ada beberapa penanganan yang memerlukan biaya dalam menangani hama yang satu ini. Tergantung dengan situasi populasi keong mas yang menyerang tanaman seberapa banyaknya," kata Sertu Susastra.

Menurutnya, terdapat beberapa tahap/cara untuk mengatasi hama keong mas ini secara sederhana dan mudah. Yaitu mengambil keong mas yang menempel pada tanaman pada saat dia masih bergerak aktif. Biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Hal ini perlu dilakukan secara rutin", ujar Babinsa 13/BP Kodim 0208/Asahan

"Cara lain untuk mengatasi hama tanaman yang satu ini adalah dengan membiarkan predator memangsanya atau memelihara predatornya agar populasi hama keong mas ini berkurang atau hilang dari lingkungan sawah," pungkas Sertu Susastra.

Penulis:

Baca Juga