Danrem 031/Wira Bima Mengikuti Video Conference Arahan Presiden RI Terkait Tindak Lanjut Perumusan Protokol Masyarakat Produktif Dan Aman Covid-19

Pekanbaru – Danrem 031/Wira Bima Kolnel Inf M. Syech Ismed S.E., M. Han bersama Gubernur Riau H. Syamsuar dan Unsur Forkopimda mengikuti rapat koordinasi tindak lanjut arahan Presiden RI, terkait perumusan protokol masyarakat produktif dan aman Covid-19, melalui video conference di Balai Serindit Gedung Daerah Pekanbaru, Kamis (21/5/2020).

Mengawali Rakor, Menteri Koordinator (menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah berencana akan memberlakukan kebijakan tatanan kehidupan new normal di tengah pandemi global Covid-19, hal tersebut untuk mendorong perekonomian.

Dia menjelaskan, rencana tersebut tidak akan bisa dilakukan secara langsung, sehingga perlu dipastikan daerah mana saja yang dapat melonggarkan pembatasan sosial.

Menko mengatakan, ada beberapa daerah yang telah memiliki reproduction rate di bawah ambang batas yang ditentukan.

Tetapi, hal tersebut harus diawasi dan terus dipantau, apabila sudah siap baru bisa melaksanakannya, namun, infrastruktur kesehatan juga harus memadai.

"Perlunya strategi ekonomi-kesehatan untuk keluar dari Covid-19. Artinya kesehatan baik, aktivitas baik apabila situasi menjadi normal. Apakah kita siap atau tidak siap dengan berbagai parameter seperti parameter kesehatan yaitu perkembangan penyakit dan pengawasan terhadap virus Covid-19 itu sendiri," Terang dia.

Selanjutnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menjelaskan kondisi operasionalitas di lapangan, beliau menjelaskan TNI-Polri akan membantu pelaksanaan Protokol kesehatan di tempat tempat publik yang dilaksanakan PSBB khususnya di tempat-tempat yang menjadi konsentrasi terjadi peluang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat.

Untuk itu TNI-Polri perlu kerja sama dengan pemerintah daerah dan seluruh instansi terkait lainya untuk menyusun mekanisme pelaksanaan protokol kesehatan di tempat-tempat tersebut.

Nantinya para Pangdam, Kapolda dan Danrem akan berkoordinasi dengan para kepala daerah dan pengelola tempat-tempat yang telah ditentukan.

"Selanjutnya TNI-Polri akan mengerahkan personelnya untuk berjaga dan memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dapat terlaksanakan dengan baik,” Ungkap Panglima TNI.

Sementara itu, Danrem 031/Wira Bima usai video conference mengatakan, Rakor nasional tersebut dilakukan untuk merumuskan bagaimana langkah selanjutnya yang akan diambil oleh pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 bersamaan dengan bangkitkan perekonomian.

"Langkah yang dibahas adalah bagaimana wabah Covid 19 ini dapat segera kita hilangkan dan dilain pihak perekonomian juga harus kita bangkitkan, Beliau juga menegaskan bahwa TNI Polri khususnya Korem 031/Wira Bima beserta jajaranya selalu siap mendukung pemerintah dalam kegiatan tersebut " Tegasnya. (*)

Penulis:
Editor: Mirza

Baca Juga