Danramil 09/TB Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila Di Tanjung Balai

Hari Kesaktian Pancasila adalah peringatan atas upaya kelompok pasukan simpatisan PKI melakukan pemberontakan pada tanggal 30 September 1965 yang lebih dikenal dengan G30SPKI. Sehari setelah itu operasi penumpasannya dimulai TNI dengan melakukan penyergapan dan evakuasi mayat tujuh orang perwira tinggi TNI-AD yang menjadi korban dan jasadnya di tanam di lubang buaya.Untuk mengenang tragedi dari sejarah Indonesia tersebut maka setiap tanggal 1 Oktober diadakan upacara peringatan. “Pancasila sakti bukan karena dia hebat mandraguna melainkan komitmen setiap anak bangsa dengan sadar menjaganya dalam menjadi kehidupan berbangsa dan bernegara”.

Tanjung Balai, WPcom - Komandan Koramil 09/Tanjung Balai Kapten Inf Nuryanto yang mewakili Dandim 0208/Asahan ikut serta melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Wali Kota Tanjung Balai, Selasa (01/10/2019).

Hari Kesaktian Pancasila adalah peringatan atas upaya kelompok pasukan simpatisan PKI melakukan pemberontakan pada tanggal 30 September 1965 yang lebih dikenal dengan G30SPKI. Sehari setelah itu operasi penumpasannya dimulai TNI dengan melakukan penyergapan dan evakuasi mayat tujuh orang perwira tinggi TNI-AD yang menjadi korban dan jasadnya di tanam di lubang buaya.

Untuk mengenang tragedi dari sejarah Indonesia tersebut maka setiap tanggal 1 Oktober diadakan upacara peringatan. “Pancasila sakti bukan karena dia hebat mandraguna melainkan komitmen setiap anak bangsa dengan sadar menjaganya dalam menjadi kehidupan berbangsa dan bernegara”.

Turut hadir dalam kegiatan Upacara tersebut, Wakil walikota, Kapolres Tanjung Balai, Kajari Tanjung Balai, Ketua DPRD sementara Tanjung Balai, Ketua pengadilan agama, Danramil 09/TB mewakili Dandim, Mwkl Danlanal, Danki Brimob, Para kepala dinas, Undangan unsur masyarakat lainnya.

Penulis:

Baca Juga