Danramil 01/MD : Tni Dukung Orientasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Batu Bara, WPcom - Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara melaksanakan kegiatan Orientasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang dilaksanakan bertempat di Aula UPT. Puskesmas Pagurawan Jl. Sudirman No.149, Kelurahan P. Dodek, Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Sabtu (14/09/2019).

Dalam kesempatan tersebut Danramil 01/Medang Deras Kapten Inf A. Zebua beserta Babinsanya turut serta menghadiri acara Pertemuan Orientasi Sanitasi Total Basis Masyarakat (STBM) tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antaralain, Camat Medang Deras diwakili oleh (Ibu Upik), Kepala Puskesmas (Dr. Zulkarnain), Danramil 01/MD beserta Babinsa, Dinas Kesehatan (ibu Dewi dan Bpk Teguh), Para Lurah/para Kades, Para Kadus/Kepling, Kapolsek diwakili oleh Babinkamtibmas dan Para Kader Puskesmas.

Ibu Upik yang mewakili Camat dengan penuh semangat, mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara TNI dengan Kementerian Kesehatan RI tentang pelayanan kesehatan yang selanjutnya secara detail dijabarkan dalam perjanjian kerjasama tentang penyehatan lingkungan Melalui Implementasi Sanitasi Total berbasis Masyarakat (STBM) yang akan ditandatangani bersama dan peserta yang dihadirkan dari Babinsa Koramil jajaran Kodim 0208/Asahan.

Lebih lanjut mengatakan, kegiatan ini merupakan akses masyarakat terhadap sanitasi dan air minum yang layak merupakan bagian dari upaya promotif-preventif yang harus diutamakan. upaya promotif-preventif yang efektif akan menekan kejadian penyakit, menurunkan jumlah orang yang sakit dan orang yang berobat sehingga berdampak pada efisiensi biaya kesehatan yang menjadi beban pemerintah dan masyarakat.

Penulis:

Baca Juga