Biaya Pendidikan Mahal, Harga Emas Melambung, Mahasiswa KKN 51 Menerapkan Program Menabung Sejak Dini

Aceh Utara, WPcom - Besarnya inflasi membuat biaya hidup semakin meningkat, termasuk biaya pendidikan. Tidak cukup di situ, harga emaspun ikut melonjak dalam beberapa kurun waktu. Menanggapi soal itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam kelompok 51 berinisiatif menerapkan program menabung sejak dini kepada anak anak di Gampong Rayeuk Paya Itek pada Selasa (11/9/2019).

Menabung usia dini merupakan program mandiri mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh yang tergabung pada kelompok kkn 51. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam program ini berupa pembagian celengan kepada anak anak, menjelaskan fungsi celengan dan manfaat menabung, serta melukis celengan bersama.

Afra Sahira, salah satu mahasiswa FEB prodi Manajemen menjelaskan bahwa untuk membangun perekonomian salah satunya dapat dilakukan melalui menabung, tepatnya menabung sejak dini.

"Dengan menabung sejak dini, anak anak sudah memiliki simpanan untuk masa depannya. Ketika mereka membutuhkan uang untuk keperluan sekolah atau lainnya, tidak perlu lagi meminta kepada orang tua," ujar pencetus ide program tersebut.

Kegiatan yang dilakukan di pelataran menasah desa setempat disambut sangat antusias oleh anak anak. Mereka sangat senang ketika diberikan celengan dan ikut melukis celengan tersebut sesuai dengan kreasi dan kreatifitasnya masing masing. Sehingga, melalui program tersebut dapat melatih dan meningkatkan kreatifitas anak.

Kepala desa Rayeuk Paya Itek, Husnan, memnerikan respon positif terhadap program ini. Menurutnya, mengajak anak anak untuk terbiasa menabung sejak dini dengan membagikan celengan dapat membuat mereka lebih semangat dalam menabung.

Humas KKN kelompok 51, Putri Asyifa, berharap agar menabung sejak dini dapat dilakukan dengan baik oleh anak anak Gampong Rayeuk Paya Itek, agar mereka memiliki cadangan uang dimasa yang akan datang.(arwan)

Penulis:

Baca Juga