Bantu Rakyat Miskin, Ormawa FH Unimal Harap Pemko Lhokseumawe Transparansi Anggaran

Lhokseumawe, WP.com – Soal kondisi rakyat miskin sekitar Lhokseumawe belum juga teratasi, Organsisasi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh (Ormawa FH Unimal) berikan problem solving dan bantuan langsung kepada pihak keluarga miskin.

Bantuan yang mereka berikan pada salah satu warga Desa Blang Poroh, Kec.Muara Dua Kota Lhokseumawe, Minggu (30/06/2019) Sekira Pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan informasi lapangan, kondisi keluarga tersebut sangat miris, rumah yang ditempati sangat tidak layak, beratap Rumbia, berdinding papan bekas dan terletak di area pinggir hutan.

Hal tersebut juga diakui oleh Pemilik rumah ‘Muhammad Ja’far’, ia mengalami kondisi tersebut sudah 9 bulan lamanya, dan baru Juni 2019 ini, ada rencana pembangunan dari Dinas PUPR Lhokseumawe.

Sekretaris jenderal Badan Eksekutif Mahasiswa FH Unimal mengatakan, Pemko Lhokseumawe harus lebih Transparansi persoalan anggaran dan bantuan.

Baca Juga:  Tanggung Jawab Perwira Remaja Polri TNI, Presiden Jokowi : Lindungi Pancasila, Toleransi, Dan Keberagaman

“UU no 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan informasi publik, jadi segala hal yang menjadi kepentingan publik/masyarakat harus ada transparansi dari pemerintah, dan ada atau tidak nya ploting anggaran dan program benah rumah, ini wajib diketahui oleh masyarakat” Kata Ari Prayoga saat dimintai Keterangan Persnya. Minggu (30/06) 16.03 WIB.

 

Hal tersebut juga didukung oleh Ketua DPM FH Unimal, menurutnya ada Teknis penyusunan APBD yang berkaitan dengan kemaslahatan rakyat.

” Transparansi dan Akuntabilitas, Disiplin Anggaran, Keadilan Anggaran,Efesiensi dan Efektifitas, Format Anggaran, Rasional dan Terukur, Pendekatan KinerjaDokumen Publik.
Dan keseluruhan itu wajib diperhatikan oleh DPRK Lhokseumawe Agara adanya ploting anggaran Bantuan bedah rumah dsb” Tutur Muhar.

Baca Juga:  Denpasar Tuan Rumah Asia Pasific City Summit & Mayors Forum Tahun 2021

Koordinator kegiatan bantuan langsung mengungkapkan, pihak mereka sudah aktif dalam melirik keadaan masyarakat Aceh Utara dan Lhokseumawe.

“Tak sanggup kita melihat derita rakyat, Karena kita mahasiswa adalah representasi Mereka, ada beban moril yang kita tanggung untuk masyarakat” Papar Muhammad Rajif

Lanjutnya, bantuan yang diberikan mereka ada berbagai macam.

“Ala kadar lah kita beri, ada Berupa Bantuan Tanah untuk penimbunan, dan kebutuhan primer dan sekunder nya, ya semua ini bersumber dari pengutipan dan penggalangan dana kami” Lanjut nya.

“Kedepannya kami akan advokasi terkait problematika masyarakat ini ke Pemko dan DPRK Lhokseumawe” Pungkasnya.

Dalam kunjungan bantuan langsung tersebut, juga hadir Ketua Umum FKPH Unimal ‘Alga Mahate Ara’ dan seperangkat mahasiswa hukum lainnya.