Bantu Masyarakat, KKN 32 Unimal Olah Pepaya Jadi Pupuk Cair

ACEH UTARA, WPcom - Mahasiswa Unimal melakukan program dan pelatihan proses pembuatan “Pupuk Organik Cair” berbahan Buah Pepaya .

Program itu ide kreatif dari Mahasiswa KKN Unimal Kelompok 32 yang mengabdi di Gampong Manyang, Kecamatan Meurah Mulia.

“Pelatihan yang diikuti oleh berberapa bapak-bapak petani tokoh pemuda setempat untuk mengolah Buah Pepaya untuk menjadi Pupuk Organik Cair, Kata Ketua Kelompok 32 Tri Suki Ardianto, jurusan Agroekoteknologi fakultas Pertanian. Kamis (06/09/2019)

Dia menjelaskan ide ini berawal ketika dia melihat banyak nya buah pepaya di Gampong Manyang yg dihiraukan, kurangnya kepedulian warga setempat terhadap manfaat dari buah pepaya membuat mereka kurang mengerti akan manfaat buah tersebut.

“Pembuatannya pun sangat mudah dan bahannya mudah didapatkan serta aman bagi keselamatan lingkungan (ekosistem),”ujarnya.

Lanjutnya, pembuatan pupuk organik cair dari buah Pepaya sangat bermanfaat bagi kesuburan tanah, lingkungan serta kandungan yang terdapat dalam buah pepaya juga dapat menjamin nutrisi bagi tanaman.

Pupuk organik cair buah pepaya dapat digunakan setelah di fermentasi selama kurang lebih 7 hari menggunakan EM-4, larutan gula merah, air kelapa, air cucian beras, serta yg paling utama buah pepaya baik yang masih bagus ataupun yang hampir busuk.

(AR)

Penulis:

Baca Juga