Babinsa Koramil 16/PT Semprot Hama Keong di Panei Tonga

Simalungun, WPcom - Keong Mas merupakan salah satu hama tanaman padi yang terdapat di lahan persawahan dalam wilayah Kabupaten Simalungun . Keong Mas akan memakan tumbuhan padi muda berusia sekitar 15 hari. Keong Mas ini akan memakan pada bagian daun sampai dengan batang sehingga akan menyebabkan kerusakan parah.

Koramil 16/Panai tonga Kodim 0207/Sml Korem 022/PT Sertu Marhalam Lubis melaksanakan giat hanpang membantu petani menyemprot hama keong disawah milik bapak Bonar sinaga 61 th dipanetonga kecamatan Panei kabupaten Simalungun , Jumat (06/09/2019)
.
Himbauan ini dilakukan agar tanaman padi para petani nantinya tidak mengalami kerusakan karena keberadaan hama Keong Mas.

” Kami himbau kepada petani sebelum memasuki jadwal tanam padi agar terlebih dahulu melakukan penyemprotan hama Keong Mas agar pada saat padi sudah ditanam tidak megalami kerusakan ” kata Sertu Marhalam Lubis

Disamping itu anggota PPL Eskarina Siregar. mengatakan bahwa himbauan menyemprot hama Keong Mas ini dilakukan karena perkembang biakan hama tersebut sangat cepat dan cukup banyak di daerah Kecamatan Panei

” Hama Keong Mas sangat cepat perkembang biakannya, kita dapat melihat betapa banyak telur hama keong mas yang menempel pada daun – daun di pinggir pematang sawah. Oleh karena itu sebelum mulai menanam padi kami himbau kepada petani agar melakukan penyemprotan terlebih dahulu ” jelas

Terpisah Komandan Koramil 16/PT Kapten inf Chairul azwan mengatakan bahwa himbauan yang diberikan oleh Babinsa untuk kebaikan para petani. Babinsa dan PPL serta para petani sudah bekerja sama di lapangan demi kebaikan para petani.

” Himbauan itu demi kebaikan petani di daerah binaannya. Sebagai Babinsa pasti akan memberikan yang terbaik kepada warganya. Mereka sudah lama bekerja sama dilapangan ” ungkap Kapten inf Chairul azwan.

Penulis:

Baca Juga