Babinsa Koramil 08/PB Komsos Dengan Warga Pencetak Blacan atau Terasi

Asahan | Terasi yang merupakan bumbu masakan olahan berbahan dasar Udang rebon,bumbu terasi ini sangat unik dan sangat bau sekali tetapi sangat lezat. Menurut Karyawan, proses pembuatan terasi secara tradisional itu merupakan warisan para pendahulu yang diterima secara turun temurun. Meski proses pengolahannya ketinggalan dengan buatan pabrik, aroma dan cita rasanya belum tertandingi. Penggemarnya pun bisa dibilang fanatik.

Dalam hal ini Babinsa Koramil 08/Pulau Buaya jajaran Kodim 0208/Asahan Kopda M. Butar Butar melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial bersama masyarakat yang berprofesi pencetak blacan atau terasi. Senin (18/11/2019)

Dalam hal ini, Kopda M Butar-Butar mengungkapkan “dimakan langsung enak, untuk sambal atau buat masak tumis,” tutur Kopda M Butar-Butar, sembari menghaluskan udang. Salah satu kekhasan terasi ini karena dibuat tanpa campuran bahan lain, kecuali udang. Cita rasanya tidak tercampur dengan aroma maupun pengaruh bahan lain. “Ini dibuatnya asli dari udang tidak ada campuran bahan lain,” ucapnya.

Waktu i jam terhitung cepat untuk melakukan proses ini. Baginya, membuat terasi tak sekadar mendapat penghasilan, tapi juga bagian dari melestarikan tradisi. “Keterampilannya membuat terasi diturunkan dari orang tua mereka. Suaminya yang sehari-hari bekerja di laut menjadi penyuplai rebon untuk diolah,” terang Kopda M Butar-Butar.

Penulis:

Baca Juga