Babinsa Koramil 06/Perdagangan Pantau Kegiatan Budidaya Ikan Lele Di Wilayah binaannya

Wartapembaruan.com, Simalungun – Dalam mendukung swasembada pangan kususnya perikanan , di sela-sela kegiatan babinsa Koramil 06/Perdagangan kodim 0207/simalungun Pelda Purnomo melaksanakan komsos bersama Bapak Anto peternak ikan lele di Nagori Purbaganda Kecamatan Pematang Bandar guna menjalin hubungan silaturahmi dengan warga binaan, senin (23/09/2019)

Budidaya atau ternak ikan lele adalah salah satu peluang bisnis menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. Di mana, lele adalah salah satu ikan tawar yang paling diminati, khususnya oleh masyarakat Indonesia. Menjalankan bisnis ikan lele pun tidak sulit, karena ikan lele termasuk ikan yang mudah didapatkan dan cara perawatannya pun lebih mudah dibanding jenis ikan lainnya. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis budidya atau ternak lele.

Bapak Anto Pemilik Peternakan ikan lele menyampaikan Hal pertama sebelum memulai bisnis budidaya atau ternak lele adalah menyediakan kolam, bisa dalam bentuk tanah, terpal, maupun semen. Pastikan kolam yang Anda buat memiliki ukuran yang besar sehingga mengurangi risiko ikan lele mati karena kekurangan oksigen.

“Setelah proses pengisian kolam, Anda juga harus menunggu beberapa hari sebelum menebar bibit lele ke dalam kolam. Karena, Anda harus menunggu proses pembentukan lumut dan fitoplankton yang dapat menetralkan air kolam agar tidak mudah keruh.

Dalam pemilihan bibit pun Anda tidak boleh andal. Anda harus memilih bibit lele unggul yang lebih sulit terserang penyakit, sehat, dan lebih besar. Lalu apa saja ciri bibit unggul pada lele Bibit ikan lele yang unggul akan lebih gesit dan agresif saat pemberian makan, ukuran lele terlihat sama, warna sedikit lebih terang, ”jelasnya.(Bagas)

Penulis:

Baca Juga