Babinsa Koramil 02/AP Bantu Petani Mengairi Sawah

Batu Bara, WPcom - Air merupakan suatu hal yang sangat penting di dalam pertanian, terutama bagi tanaman yang manyoritasnya memerlukan air, secara alami kebutuhan air untuk tanaman dapat dipenuhi melalui air hujan. Namun dalam kenyataannya dalam bebrapa tempat dan beberapa waktu tertentu jumlah air hujan kurang mencukupi dalam memenuhi kebutuhan air bagi tanaman.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Air Putih Sertu Kasiadi jajaran Kodim 0208/Asahan membantu petani dalam mengairi sawahnya yang kekurangan air dengan memutar jalur atau pintu gerbang irigasi salah satunya sektor aliran air sawah milik Bapak Tukino angota Kelompok Tani Sumber Rezeki seluas 5 rante yang terletak di Desa Tanjung Kubah Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Selasa (03/09/2019).

Sertu Kasiadi mengatakan, perlu kerja keras untuk mempertahankan tanaman padi tersebut. Sementara untuk memenuhi kebutuhan pengairan, sambil menunggu hujan turun, pengairan diambilkan dari jalur irigasi yang sudah mulai surut airnya dan dibantu dari sumur bor yang ada disekitar lahan dengan cara menarik selang sepanjang puluhan meter," ujarnya.

Saat di lokasi, Babinsa menyampaikan, bahwa tanaman padi milik Bapak Tukino anggota kelompok Tani Sumber Rezeki, saat ini dalam masa pertumbuhan, sehingga banyak memerlukan pasokan air. "Apabila kebutuhan air saat ini tidak tercukupi akan mengakibatkan kegagalan panen, sehingga petani akan mengalami kerugian," katanya.

Penulis:

Baca Juga