Atasi Kesulitan Rakyat, Babinsa Koramil 13/BP Bantu Petani Pasang Jaring Penghalau Burung

Asahan, WPcom - Untuk mencegah serangan hama burung tidak hanya dengan menggunakan jaring saja, tetapi berbagai upaya akan dilakukan seperti mendirikan orang – orangan dan meneriaki burung yang hinggap.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Koptu Ponimin jajaran Kodim 0208/Asahan membantu kesulitan rakyat adalah mottonya dengan membantu memasang jarring penghalau burung disawah milik Ibu Sumia anggota kelompok tani Bunut yang diketuai oleh Tunut dengan luas lahan 8 rante yang terletak di Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, Kamis (26/09/2019).

Jaring tersebut dipasang tepat di atas tanaman padi untuk mencegah serangan hama burung. “ Pemasangan jaring seperti ini sudah hal biasa dilakukan oleh para petani disini, cara ini dianggap paling efektif “ kata Koptu Ponimin yang ikut membantu pemasangan jaring.

Koptu Ponimin menambahkan pemasangan jaring ini dilakukan ketika padi sudah mulai berbenih sampai dengan masa panen tiba. “ Dimulai saat padi sudah mulai berbenih sampai tiba musim panen “ tambahanya lagi.

Sementara itu Ibu Sumia mengungkapkan bahwa selain memasang jaring seperti ini, kita juga menggunakan cara lain seperti memasang orang-orangan, suara ribut dan lainnya “ kata anggota Poktan Bunut tersebut.

Penulis:

Baca Juga